Ingin Lapor Pajak Secara Online? Begini Prosesnya


Cara lapor pajak online sekarang ini menjadi semakin mudah saja melalui situs maupun aplikasi. Tahukah Anda bahwa warga negara yang baik adalah mereka yang taat bayar pajak. Istilah ini memang benar adanya. Dengan membayar pajak tepat pada waktunya, maka Anda telah membantu untuk menyejahterakan sosial, mempertahankan pemerintah, dan tidak akan dikenakan denda karena telat membayar.

Di era digital yang semakin canggih ini, Anda bisa melaporkan pajak secara online tanpa harus keluar rumah. Untuk lebih lengkapnya, simak cara melapor pajak online berikut ini.

Mengenal Aplikasi Pelaporan Pajak e-Filling

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan untuk melaporkan pajak dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, melaporkan pajak secara daring akan lebih hemat waktu karena tidak perlu mengantre langsung di KPP. Electronic Filing Identification Number (EFIN) memiliki tingkat keamanan yang baik. Sebagai ganti tanda tangan, wajib pajak akan dikirimkan kode verifikasi dan harus dimasukkan ketika melakukan pelaporan pajak secara online.

Cara Melaporkan Pajak Secara Online dengan e-Filing

Setelah mengenal e-Filing, maka selanjutnya Anda bisa melakukan pelaporan pajak secara mudah dan praktis. Cara lapor pajak online dapat Anda lakukan dengan mengikuti beberapa langkah di bawah ini:

1. Buat EFIN 

Buka website pajak.go.id kemudian download formulir pengajuan EFIN. Isi semua data yang diminta dengan benar. Untuk aktivasi, syarat yang harus dipenuhi adalah:

  • Untuk Wajib Pajak Pribadi: KTP asli dan fotokopi (WNI), paspor dan KITAS/KITAP (WNA), NPWP, dan email aktif.
  • Untuk Wajib Pajak Badan: surat penunjukan pengurus, KTP pengurus (WNI), paspor dan KITAS/KITAP (WNA), NPWP pengurus dan badan, dan email aktif.
  • Untuk Wajib Pajak Badan Kantor Cabang: surat pengangkatan pimpinan KC, surat penunjukan pimpinan KC, KTP pengurus (WNI), Paspor dan KITAS/KITAP (WNA), NPWP bersangkutan dan KC.


2. Registrasi Melalui e-Filing

Masuk ke laman djponline.paja.go.id, klik Belum Registrasi. Isi EFIN, NPWP, dan kode keamanan. Lalu klik Submit. Tunggu hingga ada email masuk dan lakukan aktivasi akun.

3. Laporkan Pajak dan Unggah SPT

Buka website DPJ online, lalu log in menggunakan akun yang sudah Anda buat sebelumnya. Isi NPWP, kata sandi dan kode keamanan. Klik e-filing lalu klik Daftar SPT kemudian klik Buat SPT. Anda akan diberikan pilihan jenis SPT. Pilih yang sesuai, kemudian klik Di Sini. Anda akan diberikan kode verifikasi lewat email. Selanjutnya klik Kirim SPT lalu klik Simpan untuk menyimpan data.

Dengan mengikuti cara lapor pajak online, maka akan lebih mudah dan praktis. Membayar pajak menjadi kewajiban semua warga negara yang memiliki penghasilan di Indonesia. Untuk melakukan pembukuan pajak, Anda bisa menggunakan catatan hutang piutang dari BukuKas. Aplikasi BukuKas dapat Anda unduh secara gratis melalui Play Store dan App Store. Catatan hutang digital ini juga bisa digunakan untuk melakukan pembukuan keuangan pada usaha yang sedang Anda rintis.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Lapor Pajak Secara Online? Begini Prosesnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel