5 Penyakit Akibat Kekurangan Gizi yang Harus Anda Ketahui


Kekurangan gizi tentu sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menimbulkan penyakit. Siapa saja bisa mengalami kekurangan gizi meskipun telah mengkonsumsi banyak makanan. Hal ini disebabkan karena makanan yang dikonsumsi tidak memiliki kandungan makronutrien, yaitu karbohidrat, protein dan lemak, serta mikronutrien yaitu vitamin dan mineral yang cukup. Terdapat beberapa penyakit akibat kekurangan gizi yang bisa menjangkit anak-anak hingga orang dewasa.

Malnutrisi atau kekurangan gizi pada anak tentunya dapat mengganggu pertumbuhannya, berat badannya menurun, sulit konsentrasi serta mengganggu aktivitas belajarnya. Adapun berikut ini merupakan 5 penyakit akibat kekurangan gizi, di antaranya yaitu

1. Kwashiorkor

Kwashiorkor merupakan penyakit yang disebabkan kurangnya asupan protein dalam tubuh. Padahal protein sangat penting bagi tubuh untuk memperbaiki sel, membuat sel baru, dan dan mendukung pertumbuhan masa anak-anak serta kehamilan. Penyakit ini paling sering menjangkit anak-anak dan umum terjadi di negara berkembang.

Gejala yang mungkin dirasakan akibat penyakit ini yaitu kelelahan, warna rambut dan kulit berubah menjadi orange kemerahan bahkan putih, sistem kekebalan tubuh melemah, massa otot hilang, terdapat pembengkakan di bawah kulit, perut buncit, berat badan turun, ruam pada kulit, mudah marah dan syok. Penyakit ini bisa dicegah melalui asupan protein pada makanan, seperti ikan, susu, daging, keju, telur, kacang-kacangan, biji-bijian dan kedelai.

2. Marasmus

Marasmus merupakan penyakit yang disebabkan kekurangan nutrisi serta kalori, khususnya kalori protein dan karbohidrat. Penyakit ini dapat menjangkit siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa, dan bisa menyebabkan kematian apabila dibiarkan tanpa pengobatan. Adapun ciri-ciri seseorang terkena penyakit marasmus yaitu bertubuh kurus kering, tulang iga dan bahu menonjol, serta memiliki wajah tua.

3. Beri-beri

Dampak kekurangan gizi selanjutnya yaitu terkena penyakit beri-beri. Penyakit tersebut terjadi akibat tubuh kekurangan vitamin B1 yang berfungsi pada sistem saraf dan otot, pencernaan, serta metabolisme karbohidrat. Penyakit ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu beri-beri kering dan beri-beri basah.

Beri-beri kering merupakan penyakit yang mempengaruhi fungsi sistem saraf. Penyakit ini ditandai dengan gejala sulit berjalan, kaki dan tangan mati rasa, fungsi otot menurun, sulit bicara, nyeri, dan muntah. Sedangkan beri-beri basah ditandai dengan sesak nafas, kaki bagian bawah bengkak, denyut jantung cepat, hingga sering terbangun dari tidur saat malam hari. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda harus memenuhi asupan vitamin B1 dengan mengkonsumsi daging sapi, gandum dan biji-bijian.

4. Skorbut 

Skorbut merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C atau asam askorbat. Vitamin C tentu sangat penting bagi tubuh, dan berfungsi untuk membuat kolagen. Adapun gejala dari penyakit ini yaitu nyeri sendi dan otot, terdapat titik merah di kulit, kelelahan, nafsu makan menghilang, pendarahan dan pembengkakan di gusi, diare, demam, mual, serta berat badan menurun. Untuk mengatasinya Anda harus memenuhi asupan vitamin C dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan seperti pepaya, strawberry, brokoli, kubis, bayam dan sejenisnya.

5. Anemia

Penyakit anemia atau kekurangan darah dapat menjangkit siapa saja baik remaja maupun dewasa. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan zat besi, sehingga produksi sel darah merah menurun. Sel darah merah sendiri berfungsi untuk menyimpan dan membawa oksigen ke jaringan tubuh. Apabila sel darah merah sedikit maka jaringan tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen dengan baik.

Gejala anemia diantaranya kelelahan, kesemutan di kaki, nafsu makan berkurang, detak jantung cepat, radang lidah, kuku rapuh dan nyeri, pusing, dada sakit dan kulit pucat. Untuk mengatasinya, Anda harus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging, kacang-kacangan, telur, tahu, ikan, seafood, dan sayuran.

Itulah 5 penyakit akibat kekurangan gizi yang perlu Anda ketahui. Tentunya Anda harus memastikan bahwa tubuh mendapatkan gizi yang cukup. Cobalah untuk mengkonsultasikan gizi serta pola makan di spesialis gizi klinik RS OMNI Alam Sutera. Jika Anda terkena penyakit akibat kekurangan gizi, Anda harus segera mengatasinya agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah dan berkepanjangan.

jika Anda ingin mencari informasi kesehatan lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi website dan aplikasi halodoc. Di halodoc Anda bisa mendapatkan informasi kesehatan yang lengkap, berkonsultasi dengan dokter, mencari rumah sakit terbaik hingga mendapatkan obat yang tepat.

Belum ada Komentar untuk "5 Penyakit Akibat Kekurangan Gizi yang Harus Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel