Saran Dokter SehatQ.com bagi Kesehatan Wanita Memasuki Usia 40 Tahun


Bertambah usia adalah suatu yang pasti sedangkan sehat adalah pilihan. Anda perlu membuat keputusan sehat terutama bagi wanita memasuki usia 40 tahun. Metabolisme tubuh menurun dan tubuh Anda pun turut berubah. Kesehatan wanita sepanjang siklus hidupnya mengalami perubahan, begitu pula saat memasuki usia 40. Kenali tubuh Anda, sejarah kesehatan dan tanya dokter bagaimana menjaga kesehatan wanita yang tepat memasuki usia tersebut.

Saran SehatQ Untuk Kesehatan Wanita Menjelang 40

Menjadi lebih tua mungkin cukup menakutkan bagi wanita pada umumnya. Namun tidak lebih mengkhawatirkan daripada berbagai penyakit yang bisa diderita bila tidak menjalani pola hidup sehat, khususnya memasuki usia 40 tahun. Kesehatan wanita meliputi bukan saja pola makan namun juga olahraga dan gaya hidup. Berikut adalah saran dari SehatQ.com bagi wanita memasuki usia 40, berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Mengurangi Porsi Makan

Ketika memasuki usia senja metabolisme tubuh jadi melemah. Oleh karena itu asupan makanan tidak lagi menjadi energi bagi tubuh. Sehingga menjaga kesehatan wanita menjelang menopause perlu diawali dengan mengurangi porsi makan. Anda bisa makan lebih sering untuk membiasakan diri dengan pola makan yang baru. Hindari melewati waktu makan karena ingin berdiet atau mengurangi berat badan. Tubuh Anda sudah tidak seperti dahulu lagi, diet pun jadi berbeda.

2. Olahraga Rutin

Bila Anda sering melupakan olahraga, maka memasuki usia 40 tahun, hal tersebut harus diubah. Olahraga tidak perlu intense atau memakan waktu lama. Anda hanya cukup melakukannya secara rutin. Pertimbangkan sejarah medis, kondisi fisik dan tentu saran dokter sebelum berolahraga. Tiap orang memiliki tubuh yang berbeda-beda, namun pada umumnya akan jauh lebih mudah lelah bila berolahraga yang melelahkan. Yoga, pilates, jogging adalah beberapa olahraga yang cocok bagi wanita di usia tersebut.

3. Makan yang Lengkap

Selain mengurangi porsi makan, Anda juga perlu memperhatikan kesehatan wanita dari segi pilihan makan. Anda tetap harus mengkonsumsi protein, karbohidrat dan berbagai manfaat dari makanan seperti biasanya. Hindari mengurangi salah satunya secara berlebihan, kecuali sesuai dengan saran dokter. Anda tidak perlu sama sekali tidak makan ayam, sayur atau seafood, hanya karena khawatir terserang penyakit. Walau tubuh berubah, Anda tidak perlu panik dan mengkhawatirkan semua makanan yang ada di meja. Berkonsultasilah dengan dokter bila dirasakan perlu.

4. Cukup Tidur

Hindari begadang malam, berikan tubuh cukup waktu untuk tidur. Mengurangi waktu tidur juga tidak disarankan. Pilihan yang sehat adalah tidur setidaknya 7 sampai 8 jam sehari. Anda dapat menghindari berbagai penyakit hanya dari memperhatikan pola tidur. Minum susu atau teh hangat bisa dijadikan pilihan bila mengalami kesulitan tidur. Ingatlah bawa insomnia merupakan ciri-ciri awal dari usia senja, sehingga perlu melakukan berbagai aktivitas untuk menghindarinya yang bersifat alami dan tidak mengandalkan obat-obatan.

5. Medical Check-up

Dokter adalah sahabat Anda yang harus lebih sering dikunjungi, sekarang setelah memasuki usia 40. Kesehatan wanita sepanjang siklus hidupnya berubah-ubah. Mulai dari mendapatkan menstruasi, melahirkan, menyusui sampai memasuki usia menopause. Periksa semua bagian tubuh yang rentan di usia tersebut, hal seperti kanker, asam urat, diabetes, kolesterol akan lebih terasa. Lakukan pemeriksaan rutin sebagai bentuk pencegahan.

Sudah jelas ya, SehatQ sudah memberikan tips-tips berharga bagaimana menjaga kesehatan wanita yang mudah dan aman. Periksakan kesehatan secara, jaga pola makan serta berolahraga secara rutin. Bila perlu, Anda dapat tanya dokter SehatQ yang dapat diubungi melalui aplikasinya.

Belum ada Komentar untuk "Saran Dokter SehatQ.com bagi Kesehatan Wanita Memasuki Usia 40 Tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel