Kenali 6 Tugas Dokter Hewan Berikut


Apakah kamu bercita-cita untuk menjadi dokter hewan? Kalau iya, kamu harus mengetahui peran dan tanggung jawab dokter hewan. Pasalnya profesi yang satu ini memiliki peluang besar di masa depan, mengingat semakin banyaknya orang yang merawat hewan peliharaan dan banyak hewan yang perlu dijaga kelestariannya. 

Dokter hewan memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan hewan dan manusia. Jika hewan tidak dirawat dengan baik dan tidak memiliki tubuh sehat, maka penyakit tersebut bisa saja menular ke manusia dan menyebar lebih luas. 

Mengenal Tugas Dokter Hewan

Dokter hewan memiliki tanggung jawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan hewan, serta kesehatan masyarakat veteriner. Meski memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, namun profesi ini dinilai sepi peminat. Jika kamu ingin menjadi dokter hewan, kenali dulu tugas-tugasnya seperti berikut ini:

1. Mencegah Hewan Terinfeksi Penyakit

Tugas dokter hewan pertama yaitu mencegah hewan terinfeksi penyakit, khususnya hewan peliharaan yang memang sangat disayang oleh pemiliknya. Oleh sebab itu, hewan perlu diperiksa kesehatannya secara berkala untuk mengenali penyakit sejak dini, dan hewan juga bisa mendapatkan penanganan cepat dan tepat. Hewan juga biasanya diberikan vaksin agar tidak mudah jatuh sakit.

2. Memberikan Pengobatan bagi Hewan yang Sakit

Agar penyakit pada hewan tidak semakin parah dan menular lebih luas, maka dokter hewan akan memberikan pengobatan yang tepat pada hewan tersebut, sesuai dengan jenis hewan, kondisi dan jenis penyakitnya. 

3. Mencegah Penularan Penyakit Hewan ke Manusia

Penyakit yang menular dari hewan ke manusia disebut dengan zoonosis. Peran Dokter hewan yaitu untuk mengurangi kasus zoonosis, dengan menjaga kesehatan ternak, uji kelaikan pangan hewani, dan lainnya. Adapun beberapa penyakit zoonosis di Indonesia yaitu antraks, flu burung dan rabies.

4. Melakukan Diagnosis 

Pekerjaan dokter hewan selanjutnya yaitu dengan melakukan diagnosis pada hewan yang terkena penyakit atau cedera. Diagnosis dilakukan dengan cara mengumpulkan jaringan tubuh, kotoran, urin, serta cairan tubuh hewan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Diagnosis ini bukanlah hal yang mudah, karena hasilnya harus tepat agar hewan mendapatkan penanganan yang sesuai.

5. Melakukan Pengukuran Kesejahteraan Hewan 

Hewan juga makhluk hidup yang berhak mendapatkan kesejahteraan hidupnya. Hal ini menjadi tugas dokter hewan untuk memastikan kesejahteraan hewan. Tentu tugas yang mulia bukan?

6. Pengembangbiakkan Hewan

Dokter hewan juga memiliki tugas yang berperan dengan pengembangbiakkan hewan, mulai dari memeriksa kandungan hewan, mengidentifikasi masalah gangguan reproduksi, hingga membantu pelahiran hewan. Dokter hewan juga akan menentukan inseminasi buatan pada hewan serta memantau perkembangan kandungan hewan agar pengembangbiakkan hewan dapat berjalan maksimal.

Itulah beberapa tugas dokter hewan yang bisa kamu ketahui. Menjadi dokter hewan tentu diperlukan kesiapan fisik dan mental, serta harus selalu belajar untuk bisa memberikan yang terbaik. Setelah mengetahui tugas dokter hewan apakah kamu tertarik untuk menjadi dokter hewan?

Namun jika kamu membutuhkan dokter hewan untuk berkonsultasi mengenai permasalahan pada hewan, kamu bisa mencarinya di halodoc. Halodoc merupakan platform yang menyajikan informasi seputar kesehatan manusia maupun hewan. 

Platform ini juga memberikan fitur layanan yang memudahkan para penggunanya untuk mencari dokter, berkonsultasi dengan dokter, mencari dan membuat janji dengan Rumah Sakit. Kamu juga bisa mendapatkan layanan khusus seputar virus corona, kesehatan jiwa hingga kesehatan hewan. Sangat lengkap bukan?

Belum ada Komentar untuk "Kenali 6 Tugas Dokter Hewan Berikut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel